RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham)

Pengertian RUPS

Menurut UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, Rapat Umum Pemegang Saham atau RUPS adalah Organ atau bagian Perseroan yang memiliki kewenangan yang tidak diberikan kepada Direksi maupun Dewan Komisaris dalam batas yang telah ditentukan oleh Undang-Undang dan / atau anggaran dasar.

Maka dengan kata lain, RUPS adalah pemegang kekuasaan tertinggi di dalam Perseroan Terbatas, serta pemegang segala kewenangan yang tidak diserahkan pada Dewan komisaris dan Direksi. Lalu apa sajakah kewenangan atau pun wewenang yang tidak diberikan pada direksi maupun dewan komisaris? Berikut ini diantaranya:

  • Menyetujui tentang Pengajuan Permohonan agar Perseroan dinyatakan pailit.
  • Mengangkat dan juga memberhentikan anggota dari Direksi atau Dewan Komisaris.
  • Menyetujui tentang perpanjangan waktu berdirinya Perseroan Terbatas.
  • Menyetujui tentang rencana peleburan, penggabungan, dan juga pengambilalihan atau pemisahan.
  • Membubarkan Perseroan.
  • Mengubah anggaran dasar.
RUPST 1 1024x553 - RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham)
Sumber : https://www.astra.co.id

Cara Mengikuti RUPS

Rapat umum pemegang saham biasanya akan diadakan minimal satu tahun sekali oleh perusahaan bersama dengan pemegang saham lainnya. Dengan menghadiri RUPS kita akan tahu sejauh mana potensi yang dimiliki oleh perusahaan. Jika anda mengikuti RUPS tentu ada syarat yang harus anda miliki. Berikut ini langkah-langkah untuk mengikuti rapat umum pemegang saham:

1. Harus mempunyai saham

Tentu saja jika anda ingin turut serta dalam RUPS maka anda terlebih dahulu harus memiliki saham minimal 1 lot terlebih dahulu hingga tiba ex-date. Pada saat ex-date para pemegang saham bebas menjual saham yang dimilikinya karena sudah mendapat hak deviden yang akan diberikan

2. Terdapat Konfimasi

Tertulis Untuk Rapat atau disingkat KTUR Konfirmasi tertulis untuk rapat (KTUR) bisa anda dapatkan dari administrasi pusat pada Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Pada umumnya anda bisa meminta KTUR kepada pihak administrasi dari perusahaan sekuritas yang memiliki fasilitas jual beli saham milik anda.

3. Membawa KTP

Jika anda menghadiri KURS tanpa diwakili anda harus membawa KTUR beserta KTP milik anda. Namun jika anda ingin mewakilkannya kepada seseorang, maka perwakilan yang anda tunjuk harus membawa surat kuasa yang anda buat.

4. Memakai Pakaian Formal

Pakailah pakaian yang formal agar anda tidak terlihat salah kostum terlebih acara tersebut merupakan acara formal. Selain itu pakaian formal dipercaya mampu menaikkan kepercayaan diri anda ketika bertemu sapa dengan pemegang saham lainnya yang mungkin memiliki pengalaman dan pengetahuan yang jauh lebih tinggi.

Anda bisa mengamati kemudian tirulah dengan memodifikasi ilmunya. Untuk anda yang memiliki saham alangkah baiknya mengikuti rapat umum ini  dimana anda termasuk pemegang sahamnya. RUPS juga bisa dijadikan dasar untuk anda dalam menilai tentang bagaimana perusahaan tersebut bekerja serta mengamati strategi bisnis yang dikembangkan mereka untuk masa depan perusahaan. Dengan begitu anda bisa menilai apakah perusahaan tersebut menguntungkan untuk mempertahankan saham anda atau tidak.

Source:
1. https://www.simulasikredit.com
2. https://carajadikaya.com

1 thought on “RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *