5 Alasan Mengapa Kita Harus Berinvestasi!

1. Faktor Inflasi

Dari tahun ke tahun tanpa kita sadari nilai uang akan selalu mengalami penurunan. Hal ini yang kita namakan sebagai inflasi. Dalam ilmu ekonomi, inflasi ialah proses meningkatnya harga secara umum dan terus menerus. Berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik), tingkat inflasi tahun 2018 sebesar 3,13%. Bisa dibayangkan jika kita menaruh uang kita di tabungan dengan tingkat bunga hanya sekitar 2% saja pertahun, belum dapat melawan laju inflasi. Terdapat perbedaan mendasar antara membeli barang konsumsi dengan instrument investasi. Nilai barang-barang konsumi akan terus turun dari tahun ke tahun sedangkan asset investasi biasanya selalu naik.

inflation orig 1024x683 - 5 Alasan Mengapa Kita Harus Berinvestasi!
Ilustrasi by https://money.howstuffworks.com

Misalnya pada tahun 2016, Pak Chalvin membeli mobil mewah seharga Rp400 juta, nilai mobil yang dibeli Pak Chalvin pada tahun 2019 sudah hampir berkurang setengahnya, yaitu Rp 250jt. Di tahun yang sama juga Pak Chalvin berinvestasi di saham BBCA (PT. Bank Central Asia, Tbk.) dengan modal sebesar Rp400 juta, dengan harga beli Rp 15.525,- per lembar. Setelah 3 tahun saham BBCA yang dibeli Pak Chalvin sudah bernilai Rp 31.325,-, nilai asset investasi Pak Chalvin sudah bertumbuh hampir 2 kali lipat menjadi Rp800 juta. Contoh diatas merupakan gambaran sederhana antara membeli barang konsumi dengan membeli instrument investasi.

2. Mewujudkan Tujuan Keuangan

Setiap orang pasti memiliki tujuan atau mimpi yang ingin dicapai, seperti membeli rumah di masa mendatang, kuliah diluar negeri, menikah, traveling, dan lain-lain. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, kita perlu menyusun rencana keuangan, berinvestasi sejak dini dapat membantu kita dalam mencapai berbagai tujuan tersebut. Jika uang anda menghasilkan nilai bunga pengembalian lebih tinggi dibandingkan tabungan Anda, maka Anda akan menghasilkan uang tambahan dalam jangka waktu panjang dan pendek. Bunga hasil investasi yang Anda dapatkan bisa digunakan untuk mewujudkan tujuan keuangan tadi.

traveling around the world featured1 800x400 - 5 Alasan Mengapa Kita Harus Berinvestasi!
Ilustrasi by https://essayvictory.biz

3. Mempersiapkan Dana Pensiun

Kebanyakan anak muda mungkin masih belum terlalu memikirkan uang pensiun, karena memang masih sangat lama manfaatnya bisa dirasakan. Namun, persiapan pensiun ternyata harus dipersiapkan dari jauh-jauh hari, karena kita tidak akan dapat bekerja seumur hidup. Akan tiba waktunya di mana Kita harus pensiun, berhenti dari dunia kerja. Nah, jika berhenti bekerja, dari mana lagi sumber pendapatan untuk kelangsungan hidup? Belum lagi jika kita punya tanggungan yang masih belum terlalu menghasilkan keuangan secara signifikan terhadap dirinya sendiri maupun keluarganya termasuk Anda. Jika Anda berinvestasi mulai dari sekarang, dana investasi beserta keuntungannya bisa Anda nikmati ketika pensiun kelak. Nilai uang Anda akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

finansialkucom - 5 Alasan Mengapa Kita Harus Berinvestasi!
Ilustrasi by https://www.finansialku.com

4. Untuk Mencapai Kebebasan Finansial

Setiap orang pasti menginginkan kebebasan finansial, bebas membeli apa saja yang kita mau tanpa perlu melihat isi dompet atau saldo rekening. Berinvestasi membuat peluang meraih kebebasan finansial menjadi lebih besar dibandingkan hanya ditabung saja. Ketika Anda menabung atau hanya menahan uang Anda, uang yang Anda simpan tidak akan bekerja untuk Anda dan uang Anda tidak akan bertambah nilainya dari yang sudah Anda simpan. Beda ketika Anda berinvestasi, dana yang Anda investasikan akan menghasilkan uang tambahan dari bunga yang dihasilkannya. Ingat bunga tabungan hanya 2% saja setahun belum dipotong pajak 20% dan biaya administrasi.

wwwstcroixadvisorcom - 5 Alasan Mengapa Kita Harus Berinvestasi!
Ilustrasi by https://stcroixadvisors.com

Gaji rata-rata karyawan di Indonesia jika mengikuti kenaikan UMR 2019 adalah sebesar 8 % saja, sedangkan yang namanya kebutuhan makin naik. Apalagi ketika naik status dari lajang menjadi berumah tangga, kebutuhan akan makin banyak dan kompleks. Ketika masih muda, fokus kita lebih sering terbagi untuk mengerjakan banyak hal, berkegiatan di berbagai bidang. Sambil fokus ke hal lain seperti melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau sembari membangun karir, Anda bisa mulai berinvestasi agar uang yang bekerja untuk Anda.

5. Faktor Ketidakpastian di Masa Datang

Hidup bahagia, sejahtera, dan berkecukupan pasti menjadi harapan semua orang. Bukan saja untuk kehidupan saat ini, namun juga untuk kehidupan di masa depan. Oleh karena itu, banyak orang yang bekerja keras mengumpulkan harta atau kekayaan sedini mungkin. Selagi masih produktif apa pun dilakukan secara maksimal demi tercukupinya kebutuhan hidup saat ini dan nanti. Meski demikian kenyataan seringkali tidak seindah harapan, ada risiko dan ketidakpastian di masa depan selalu menjadi misteri.

wwwinsurancejournalcom - 5 Alasan Mengapa Kita Harus Berinvestasi!
Ilustrasi by https://www.insurancejournal.com

Ahli perencanaan keuangan Hendra Sensei, mengatakan bahwa banyak orang Indonesia bisa dengan mudah mengumpulkan kekayaan, tetapi gagap dalam mengelola dan melestarikannya. Persepsi tentang gaji besar harus diwaspadai, banyak orang terlena dengan jebakan rasa “nyaman” karena menganggap gaji atau penghasilan besar akan membuatnya “aman”, padahal kebutuhan dan pengeluaran hidup seringkali naik lebih besar. Untuk meraih kesejahteraan di masa depan setiap orang perlu memiliki perencanaan keuangan yang baik. Nah, berinvestasi merupakan salah satu upaya untuk meminimalisir ketidakpastian di masa yang akan datang.

Source:

  1. https://koinworks.com
  2. https://kompasiana.com
  3. https://cnbcindonesia.com
  4. https:// finance.detik.com
  5. https:// pintarsaham.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *